Beranda Berita Photo Kelurahan Pedurenan Gelar Aksi Donor Darah

Kelurahan Pedurenan Gelar Aksi Donor Darah

BERBAGI
Lurah Pedurenan
Lurah Pedurenan
Lurah Pedurenan

Tangerang, BTCom—Bekerjasama Puskesmas Pedurenan, Kelurahan Pedurenan menggelar kegiatan Sosial Donor Darah di Posyandu Delima  RW 10 Ciledug Indah II, Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Sabtu (15/11). Kegiatan ini berjalan dengan sukses, tampak masyarakat antusias mendonorkan darahnya, sebanyak 150 kantong darah berhasil dikumpulkan dari kegiatan ini, kata H. Supriatman, Lurah Pedurenan di lokasi kegiatan.

Kegiatan Donor Darah ini murni aspirasi masyarakat dari beberapa RW di Kelurahan Pedurenan, dalam rangka memperkuat rasa kesatuan dan persatuan serta memupuk kepedulian sesama. Aspirasi ini kemudian direspon dengan baik oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang. Kemudian dibentuklah kepanitiaan untuk mensukseskan donor darah ini, lanjut Lurah Supriatman kepada beritatangsel.com.

Sementara itu, dr. Jhoni dari PMI Tangerang mengungkapkan bahwa permintaan layanan donor darah di Kota Tangerang cukup tinggi. Biasanya pada akhir pekan untuk masyarakat yang tinggal di perumahan, sementara dari instansi pemerintah biasanya pada hari-hari kerja.

Stok darah di PMI Kota Tangerang saat ini cukup, setidaknya 2000 kantong darah berhasil di distribusikan ke beberapa rumah sakit di Kota Tangerang 2500 kantong darah yang berhasil dikumpulkan setiap bulannya. Aksi donor darah di Kelurahan Pedurenan ini memaksimalkan stok darah di PMI, ujar Eddyana, salah satu ketua koordinator pelaksana.

Sebanyak 50 peserta pendonor, syarat-syaratnya seperti berusia minimal 17 tahun, sehat jasmani, berat badan minimal 50 kg, tidak sedang haid, hamil, menyusui, dan hemoglobin (Hb > 12,6). Setelah dinyatakan memenuhi syarat, pendonor ditanyai riwayat kesehatan dan dilakukan transfusi yang prosesnya hanya memakan waktu selama 20 menit. 1 orang pendonor bisa menghasilkan 1-2 kantong. Setelah itu,

Beberapa kantong darah yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dibawa ke Kantor PMI untuk di screening untuk memastikan tidak terdapat penyakit yang bisa menular melalui donor darah seperti: Sipilis, HIV, Hepatitis B dan C.

Baca Juga :  Sukseskan Pemilu Damai 2024 Polda Metro Jaya Gelar Apel Konsolidasi

Harapan kami kagiatan ini bisa dikalenderkan sebagai kegiatan tahunan. Semoga ini menjadi inspirasi bagi kelurahan lain di Kecamatan Karang Tengah ini, pungkasnya. (Gus)