Beranda Berita Photo Mpok Nori meninggal dunia di usia 84 tahun

Mpok Nori meninggal dunia di usia 84 tahun

BERBAGI

Pok NoriBT.com – Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Komedian senior Nur Sarinuri atau yang akrab dipanggil Mpok Nori, meninggal di Rumah Sakit Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat, 3 April 2015, pukul 07.40 WIB. Komedian Betawi itu meninggal pada usia 84 tahun.

Innalilahi wa innailaihirojiun. Telah meninggal dunia mak Mpok Nori pada pagi hari ini pukul 08.10 WIB. Beliau menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit Pasar Rebo Jakarta Timur,” tulis sebuah pesan berantai atau broadcast messenger yang diterima wartawan pada pagi ini.

Mpok Nori merupakan komedian Betawi yang memiliki penggemar walau umurnya sudah 85 tahun. Untuk mencapai ketenaran sampai usia tua, usaha Mpok Nori tidaklah mudah. Ia mengawali karier di dunia seni Betawi melalui manggung dari satu kampung ke kampung lain sebagai penari topeng.

Kemudian, perempuan yang lahir pada 10 Agustus 1930 itu bergabung di Sanggar Setia, milik almarhum Haji Bokir. Dari sanggar itu, Mpok Nori mulai dikenal sebagai pemain lenong Betawi. Mpok Nori pun mendapat tawaran manggung untuk mengisi acara televisi. Lewat aktingnya dalam serial Pepesan Kosong, nama Mpok Nori semakin meroket dan dikenal luas oleh masyarakat.

Semakin tua semakin jadi. Di usia 74 tahun atau tahun 2005, dia aktif di dunia sinetron. Mpok Nori pernah menjadi pemain di beberapa film. Yaitu, Hantu Biang Kerok (2009), Get Married 2 (2009), Get Married 3 (2011), Pocong Mandi Goyang Pinggul (2011), Penganten Pocong (2012), Jeritan Danau Terlarang (2013), dan Malam Suro di Rumah Darmo (2014).

Karena kecintaan dalam dunia seni, Mpok Nori pun membuat sanggar seni sendiri bernama Sinorai. Lebih dari 50 murid yang ingin belajar pendidikan seni peran di tempat Mpok Nori.

Baca Juga :  Persidangan Emir Satar Yang Kedua Dinilai Sebagai Pelanggaran Hak Asasi Manusia