Beranda Headline Berjalan Membangun ‘Kota Impian’ Tangerang Selatan

Membangun ‘Kota Impian’ Tangerang Selatan

BERBAGI
Ir. Weeky Malano

 

Ir. Weeky Malano
Ir. Weeky Malano

Menetap di sebuah kota dengan penataan yang rapi adalah dambaan setiap orang. Karena hal itu akan membuat kita dan seisi kota merasa nyaman tinggal di hunian yang tertata dan tentu saja indah. Semua kebutuhan penduduknya terpenuhi, infrastrukturnya memadai, tempat-tempat belanja, tempat hiburan, dan tempat bermain untuk anak dan keluarga tersedia.

Senang rasanya melihat sebuah kota dengan penataan yang sempurna, indah, dan nyaman. Ketika kita ingin menuju tempat kerja, transportasi telah tersedia berikut infrastruktur jalannya. Ingin berbelanja fashion, perabot rumah tangga, atau sekedar refresing bersama keluarga, kita sudah tahu, kemana harus menuju. Ingin menuju Taman Bermain Anak dan Keluarga, semua tersedia dan tertata dengan baik.  

Memang tidak mudah menata sebuah kota. Butuh waktu yang panjang dan biaya yang tidak sedeikit untuk mengemas sebuah kota menjadi kota idaman. Tidak hanya infrastrukturnya saja yang harus ditata tapi sumber daya manusianya juga harus dibangun agar selaras dengan program pemerintah.

Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mempunyai potensi yang dibutuhkan untuk berkembang menjadi sebuah kota dengan kemapanan dan keindahan seperti yang kita idam-idamkan. Kota Tangerang Selatan adalah sebuah kota kecil dengan potensi yang luar biasa. Sebuah pemerintahan baru dengan APBD yang terus meningkat setiap tahun.

Kota Tangerang Selatan adalah kota kecil dengan posisi yang sangat strategis. Letak geografisnya memungkinkan kota ini berkembang pesat secara ekonomi. Kota Tangerang Selatan terletak di bagian timur Provinsi Banten yaitu pada titik koordinat 106’38’ – 106’47’ Bujur Timur dan 06’13’30’ – 06’22’30’ Lintang Selatan dan secara administratif terdiri dari 7 (tujuh) kecamatan, 49 (empat puluh sembilan) kelurahan dan 5 (lima) desa dengan luas wilayah 147,19 Km2 atau 14.719 Ha. 

Baca Juga :  Pencuri Mesin Air di Amuk Massa Dipamulang

Wilayah Kota Tangerang Selatan diantaranya dilintasi oleh Kali Angke, Kali Pesanggrahan dan Sungai Cisadane sebagai batas administrasi kota di sebelah barat. Letak geografis Kota Tangerang Selatan yang berbatasan dengan Provinsi DKI Jakarta pada sebelah utara dan  timur memberikan peluang pada Kota Tangerang Selatan sebagai salah satu daerah penyangga provinsi DKI Jakarta, selain itu juga sebagai daerah  yang menghubungkan Provinsi Banten dengan  Provinsi DKI Jakarta.  Selain itu, Kota Tangerang Selatan juga menjadi salah satu daerah yang menghubungkan Provinsi Banten dengan Provinsi Jawa Barat.

Ingin rasanya berpartisipasi, urun rembug untuk kota tercinta ini agar lebih cerdik dalam menata dan mengeksploitasi potensi yang ada demi kenyamanan dan keindahan kota. Potensi kuliner yang kita miliki menyebabkan Pedagang Kaki Lima (PKL) begitu menjamur. Ini harus ditata sedemikian rupa sehingga PKL kita mampu mencirikan Kota Tangsel.

“Jangan heran apabila Kota Tangsel menjadi tujuan wisata bagi daerah lain disekitarnya dan itu sangat mungkin terjadi.”

Mari kita longok pada edisi berikut, apa yang mestinya dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk menata Pedagang Kaki Lima. Agar Masyarakat mudah menemukan kuliner pilihannya atau kebutuhan lainnya***