Beranda Berita Photo Tangsel akan Pasang Area Traffic Control System di Tiga Titik Macet

Tangsel akan Pasang Area Traffic Control System di Tiga Titik Macet

BERBAGI

Pondok Aren ,Beritatangsel.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) akan menerapkan teknologi baru untuk mengatasi kemacetan di kota tersebut, yakni Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS). ATCS adalah pengendalian lalu lintas dengan menyelaraskan waktu lampu merah pada jaringan jalan raya dari sebuah kota.

Kasi Rekayasa Lalu Lintas pada Dishubkominfo Kota Tangsel, Ika Kartika mengatakan teknologi ATCS itu nantinya sebagai pengendali lalu lintas di kota dengan tujuh kecamatan tersebut. Untuk tahun ini, ada tiga titik yang bakal dipasangi teknolgi ATCS tersebut.

“Tahun ini ada tiga titik, saat ini sudah masuk tahap lelang di ULP (Unit Layanan Pengadaan). Harapannya, Agustus sudah mulai bisa digunakan,” kata Ika.

Sistem yang diterapkan lewat ATCS itu, kata dia, yakni pemantauan jarak jauh melalui ruang kendali di kantor Dishubkominfo Kota Tangsel. Di titik yang dipasangi ATCS itu, dilengkapi kamera closed circuit television (CCTv) yang memantau secara real time kondisi lalu lintas.

“Sebetulnya ini untuk mempercepat penanganan kemacetan. Jadi, ketika kondisi macet parah yang terpantau melalui ruang kendali, kita bisa langsung melakukan penanganan. Kamera CCTv pun bisa diputar 360 derajat, jadi terpantau semua di titik itu,” jelasnya.

Jika dilihat dari kebutuhan, menurutnya Jalan Raya Serpong sangat tepat untuk dipasangi teknologi ATCS ini. Hanya saja, ia mengaku belum dapat menyebutkan titik mana saja yang bakal dipasangi CCTv.

“Saat ini masih kajian. Memang ada beberapa titik yang kondisinya (lalu lintas) krodit, seperti di Ciputat dan Pamulang. Tapi masih kajian, belum kita tetntukan lokasinya,” tandasnya.

Sumber : Kabartangsel.com

Baca Juga :  Pemkot Tangsel Kumpulkan Donasi Hingga Ratusan Juta Untuk Warga Palestina