Beranda Berita Photo Sejumlah Tempat Situ Menjadi Kawasan Berlibur

Sejumlah Tempat Situ Menjadi Kawasan Berlibur

BERBAGI

Pamulang, Beritatangsel.com – Wilayah tangerang selatanakan mengembangkan kawasan berlibur air. sudah terbukti pemerintah setempat berencana untuk merevitalisasi tujuh situ dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Sejumlah situ yang akan direvitalisasi yaitu situ rawa kutuk Kecamatan Serpong Utara, situ bungur Pondok Ranji, situ legoso Ciputat Timur, dan situ parigi Pondok Aren. ada beberapa situ yang tidak di revitalisasi yaitu situ gintung di Ciputat Timur yang di peruntukan untuk waduk dan situ kayu atap di Rempoa yang sudah rata dengan tanah.

Menurut walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin rachmi diany,revitalisasi ini merupakan program dari kementrian pekerjaan umum dan perumahan warga.

Pemkot sebagai pemilik wilayah turut bekerjasama dengan masyarakat mengelola terkait keberadaan situ – situ tersebut.

“Maka hanya tujuh yang harus digerap secara serius. targetnya lima tahun rampung dengan konsep terpadu yaitu ada jogging track, perkemahan, agrowisata air, kuliner, dan ekonomi kreatif,” sebut airin.

Airin menambahkan pemkot tidak punya kewenangan dalam memperbaikan situ “tapi kalau merawat, mengolah untuk areal konservasi, taman kota, penghijauan atau dijadikan hutan perkotaan itu di bolehkan. secara aturannya memang seperti itu makanya pemkot Tangerang Selatan harus pandai berkoordinasi, mengajukan konsep supaya situ dapat difungsikan secara baik,” tambahnya

Nantinya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait dengan pemanfaatan situ akan dilibatkan, misalkan kantor budaya dan pariwisata (budpar) serta dinas pemuda dan olahraga (Dispora) dengan pola demikian pengelolaan situ akan terintegrasi dengan baik “nanti yang berkaitan dengan wisata ada budpar, tentang olahraga ada dispora, soal taman ditangani oleh DKPP,” ujar nya.

“Contoh lain nya misalkan situ ciledug difungsikan sebagai pengendali banjir, termasuk situ parigi akan difungsikan sebagai pengendali banjir,” tegasnya

Baca Juga :  Mulai 1 Maret Tarif Airport Tax Bandara Soetta Naik Ini Penjelasannya

“Situ tidak boleh dinonprivatisasikan misalkan dengan menggandeng kerjasama dengan pengusaha sekitar demi kepentingan bersama,” pungkas ade. (mg/red).