Beranda Berita Photo Ini 5 Tajil Paling Lezat Untuk Berbuka Puasa

Ini 5 Tajil Paling Lezat Untuk Berbuka Puasa

BERBAGI
Tajil

Beritatangsel.com – Bulan puasa rasanya tidak lengkap tanpa tajil. Tajil adalah makanan kecil yang manis, yang memang dianjurkan sebagai menu untuk membatalkan puasa disaat waktu berbuka telah tiba. Banyak menu tajil yang ada di Indonesia, namun kami mencoba merangkum 5 tajil paling lezat dan dicari di bulan puasa / ramadhan:

  1. Kolak : Ada dua jenis kolak yang paling sering dibuat untuk dijadikan sebagai tajil disaat bulan puasa ini, yakni Kolak Biji Salak dan Kolak Pisang.Jangan salah dengan yang namanya kolak biji salak, karena kolak ini bikan terbuat dari biji salak sungguhan, Kenapa dinamakan biji salak karena setelah diolah bentuk dan warnanya mirip dengan biji salak. Biasanya adonan biji salak terbuat dari tepung yang dipadukan ubi jalar. Disajikan dengan santan kelapa, kolak biji salak tak perlu digerus, melainkan akan lumer sendiri di mulut. Sedapnya lagi biji salak dapat dinikmati dingin maupun panas. Kolak Pisang, pada dasarnya kolak ini sama dengan kolak biji salak, namun bedanya adalah isinya, yap….! tentu saja isinya adalah buah pisang, namun biasanya juga ditambah potongan ubi ataupun singkong.
  1. Es Goyobod : Es Goyobod, adalah makanan khas kota garut, Bandung. Es ini sangat terkenal sebagai minuman penghilang dahaga yang dicampur dengan berbagai macam makanan lain, seperti buah Alpukat, pacar cina, kelapa, strawberry, dan masih banyak lagi. Kita memang lebih mengenalnya dengan nama Es campur, karena banyaknya makanan yang dicampur kedalam es dan susu. 
  1. Bubur Lemu : “Lemu” berasal dari kata jawa, yang berarti gendut atau gemuk. Pemberian nama yang unik untuk makanan yang terbuat dari tebung beras dan berkuah air gula merah atau gula jawa yang juga ditambah santan. Kita lebih mengenalnya dengan nama bubur sumsum.
  1. Colenak : Jajanan satu ini mungkin namanya kurang terkenal, namun bila melihatnya kita pasti sudah tahu makanan ini. pemberian namanya adalah singkatan dari cara makannya — dicocol, enak. Dan memang begitulah cara makan jajanan colenak ini. Tape bakar disajikan dengan saus manis sebagai cocolan. Colenak dapat dibeli di daerah Bandung dan sekitarnya. Sangking terkenalnya colenak ini, makanan khas bandung ini banyak juga dijual di restoran-restoran mahal.
  1. Pizza Kurma atau Martabak Kurma : Masih kurang puas dengan martabak yang porsi dan isiannya sudah beragam, di Bandung ada menu martabak yang cukup “unik”. Hampir sama dengan martabak pada umumnya, hanya saja ditambahkan bahan-bahan pelengkap seperti kurma dan kacang Arab. Label “pizza” ditambahkan karena martabak ini disajikan dalam bentuk yang menyerupai pizza.
Baca Juga :  Airin Rachmi Diany Resmikan TBM KRB di Pamulang